Irjen Mohammad Iqbal/Net

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menyampaikan, saat ini calon-calon Kabareskrim telah masuk meja Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Pada prinsipnya pemilihan pati Polri untuk menduduki kursi korps reserse merupakan hak prerogatif Kapolri melalui proses Wanjakti.

Data yang disampaikannya setidaknya ada beberapa Perwira Tinggi (Pati) Polri yang masuk ke dalam bursa calon Kabareskrim antara lain Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, kemudian Asisten Operasi (Asops) Polri Irjen Martuani Sormin, dan Kadiv Propam Irjen Listyo Sigit Prabowo muncul kepermukaan.

Saat ini, ada 11 pati Polri yang berpangkat Komjen baik yang berada di jabatan struktural Polri maupun di luar.

Adapun yang berada di dalam struktural, yakni Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto yang pensiun pada 23 Desember 2019. Lalu Irwasum Komjen Moechgiyarto, pensiun 25 Mei 2020.

Kemudian, Kabarhakam Polri Komjen Condro Kirono, pensiun 12 Desember 2019 dan Kabaintelkam Polri Komjen Agung Budi Maryoto, pensiun 19 Februari 2023. Kalemdikpol Polri Komjen Arief Sulistyanto, pensiun 24 Maret 2023.

Sementara yang berada di luar struktur organisasi Polri ada nama Komjen Mochamad Iriawan yang saat ini sebagai Sestama Lemhanas dan baru saja terpilih sebagai Ketua PSSI, pensiun 31 Maret 2020

Lalu, Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius, pensiun 10 Mei 2020. Dan kepala BNN Komjen Heru Winarko, pensiun 1 Desember 2021 dan Wakil Kepala BSSN Komjen Dharma Pongrekun, pensiun 12 Januari 2024.

Terakhir, Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian (Irjen Kemenperin) Komjen Setyo Wasisto, yang akan pensiun 19 November 2019.

“Yang jelas semua perwira tinggi pangkat 2 dan 3 (sama-sama) berpeluang. Kapolri akan tunjuk Pati yang berintegritas, mempunyai track record yang baik,” pungkas Iqbal.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here