Emrus Sihombing/RMOLSumut

Artis Indonesia sekaligus Mancanegara Agnez Mo sempat menghebohkan publik. Hal ini karena Agnez menyebut dirinya tidak memiliki darah Indonesia saat diwawancarai Kevan Kenney. Padahal diketahui Agnes lahir dan dibesarkan di Indonesia.

Pernyataan Agnez yang berakhir pro dan kontra ini ditanggapi Pakar Komunikasi Emrus Sihombing. Emrus membeberkan fakta sebenarnya dari untaian kalimat yang diucapkan Agnez.

Emrus mengatakan bahwa ia benar-benar mengikuti wawancara eksklusif antara Agnez dengan Kevan Kenney. Emrus mengatakan bahwa ia tidak menemukan pengakuan bahwa Agnez Mo bukan orang Indonesia.

Menurut Emrus setiap kalimat yang diucapkan oleh Agnez justru menunjukkan kecintaannya terhadap tanah air. Hal ini terbukti dari analisis Emrus, bahwa Agnez sering menggunakan kata ganti ‘kami’, yang berarti bahwa Agnez satu kesatuan atau masuk ke dalam kelompok Indonesia.

“Saya ikuti betul, dan saya lakukan analisis hermiotika. Keseluruhan teks, saya tidak tidak melihat dan tidak menemukan bahwa ada pengakuan bahwa dia (Agnez Mo) bukan warga negara Indonesia. Bahkan di beberapa dialog tersebut terucap kok kata ‘kami’,” kata Emrus kepada Kantor Berita Politik RMOLSumut, Kamis (29/11).

Menurut Emrus, Agnez tidak bermaksud mengatakan bahwa dirinya bukanlah Warga Negara Indonesia. Dikatakan Emrus, Agnez hanya bermaksud mengatakan dirinya tidak memiliki darah secara keturunan. Sehingga terlihat berbeda, namun dirinya diterima dengan terbuka oleh warga Indonesia.

“Kalaupun dikatakan bahwa dia berdarah China, Jepang, dan Jerman, saya pikir tidak ada masalah. Karena memang, warga negara Indonesia bisa saja berdarah dalam artian keturunan. Keturunan dari sudut darah tidaklah berarti dia bukan orang Indonesia atau orang Indonesia,” pungkas Emrus.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here