Hinca Panjaitan berfoto bersama pemain voli putra Sumut PON 2020/RMOLSumut

Tim voli putra Sumatera Utara untuk PON 2020 akan mengikuti turnamen bola voli yang digelar di Lavani Sport Center, Cikeas. Tim peraih medali emas Pra PON 2020 di Bengkulu ini akan bertanding pada turnamen mini yang rutin digelar sebagai bentuk penghormatan dan cinta dari Ketua Umum Demokrat Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan keluarga besar Partai Demokrat kepada almarhum Ani Yudhoyono.

“Jadi bentuk penghormatan kami dari Ibu Ani Yudhoyono adalah dengan rutin membuat turnamen mini yang diikuti oleh tim-tim terbaik dari daerah pemilihan kami masing-masing,” kata Anggota DPR RI asal Sumatera Utara Hinca Panjaitan didampingi pengurus PBVSI Sumut Basyarudin Daulay, Abdullah dan pelatih Yuliandi Putra dan Budianto, Minggu (19/1).

Hinca menjelaskan turnamen mini ini diberi nama Lavani Cup. Lavani sendiri merupakan kata yang disematkan pada Sport Center yang dibangun pada lahan eks pemenangan politik Demokrat di Kompleks Cikeas yang diambil dari kata ‘Love Kepada Ani Yudhoyono’.

“Setiap turnamen selalu mengundang 7 tim terbaik dari daerah yang diundang secara bergiliran dari seluruh Indonesia. Tuan rumahnya adalah Tim Lavani sendiri yang berasal dari pemain-pemain binaan Cikeas,” ujarnya.

Meski hanya memiliki level dalam bentuk turnamen mini, namun tim-tim yang diundang untuk bertanding menurut Hinca selalu berasal dari tim-tim terbaik tingkat provinsi.

“Bagi Demokrat, ini bagian dari upaya kami untuk mendorong agar olah raga Voli di Indonesia semakin maju dan merata di Indonesia. Semoga cara kami ini bisa ditiru pihak lain untuk memajukan olah raga,” ungkapnya.

Tim Voli Putra Sumut untuk PON 2020 ini akan berangkat ke Cikeas pada Kamis 23 Januari 2020. Mereka kemudian akan bertanding pada turnamen yang digelar hingga Minggu 26 Januari 2020 tersebut. Tim Voli Putra Sumut akan berada pada pool 1 dengan tim asal Bali, Karawang dan Tangerang. Sedangkan pool 2 akan diisi Tim Lavani, Banten, Lamongan dan Semarang.

“Ini menjadi turnamen yang tetap kami anggap penting. Karena para pemain membutuhkan suasana kompetisi, karena sejak kami meraih emas di Pra Pon 2020 lalu, kami masih berlatih sendiri-sendiri sebelum nanti masu pemusatan latihan pada Februari 2020,” kata pelatih Voli Putra Sumut PON 2020, Yuliandi Yusra.

Diketahui tim Voli Putra Sumut lolos ke PON 2020 yang akan digelar di Papua setelah berhasil meraih emas pada Pra PON 2019 yang digelar di Bengkulu. Tim Voli Putra meraih medali emas pada ajang Pra PON tersebut.

“Kalau tim ini juara di Lavani CUP, saya sendiri yang akan mendampingi mereka hingga ke PON 2020 di Papua,” demikian Hinca.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here