Pandemi Covid 19 telah membuat banyak masyarakat menghadapi kesulitan keuangan. Masyarakat yang bekerja di sektor informal dengan penghasilan yang biasanya dibawah upah minimum merupakan kelompok masyarakat paling terdampak.

Menyadari kondisi yang tidak baik ini, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sumatera Utara menggerakkan peserta seminar online untuk memberikan sumbangan secara sukarela. Pada tanggal 21-22 Mei 2020, pengurus telah mendistribusikan bantuan tersebut kepada masyarakat di sekitar kota Medan. Ketua IAI Sumut, Prof. Erlina, SE., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CMA., CPA, mengatakan bahwa bantuan ini sungguh tidak seberapa dibandingkan beban yang ditanggung banyak masyarakat, namun setidaknya kami berusaha berbagi dari keterbatasan kami.

Lebih lanjut, Prof Erlina yang juga Guru Besar dan Kaprodi Pascarsajana Akuntansi Universitas Sumatera Utara menyampaikan harapan masyarakat yang menerima paket sembako bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih khusyuk.

Seminar online tersebut merupakan program perdana pengurus baru IAI Sumut yang dilaksanakan pada tanggal 14 Mei 2020. Menghadirkan pembicara utama, Prof. Mardiasmo, M.B.A., Ph.D, CFr.A.,QIA, Ak., CA., FCMA.,CGMA., ASEAN CPA., CPA, Ketua Dewan Pimpinan Nasional IAI.

Dalam paparannya, mantan Wakil Menteri
Keuangan tersebut menyampaikan pentingnya mengimplementasikan manajemen resiko dalam pengelolaan anggaran daerah yang telah ditata ulang (refocusing) untuk menghadapi Pandemi Covid 19.

Prof Mardiasmo juga mengatakan bahwa akuntan perlu bersinergi dengan Pemerintah daerah untuk mengawal efektifitas anggaran. Selain pembicara utama, seminar juga menghadirkan dua pembicara lainnya yaitu Rahadian Widagdo, S.S.T, Akt., M.Sc., CGAP, CRMP, Cert.IPSAS dan Anthur Pasaribu, MM., Ak., CA. Masing-masing menyampaikan tata cara implementasi dan kendala manajemen resiko di pemerintahan daerah.

Prof Mardiasmo juga memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhada pengurus IAI Sumut. Dia mengatakan, pengurus yang belum secara resmi ini dilantik telah menjalankan program kerja yang sangat baik. Bahkan lebih dari itu menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap kondisi masyarakat yang memang sedang dalam tekanan yang sangat besar.

Secara khusus Prof Mardiasmo juga memberikan pujian atas keaktifan dan kekompakan pengurus seraya berharap kinerja tersebut dapat dipertahankan sepanjang periode kepengurusan.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here