Foto/Net

Iran mengirim kotak hitam dari pesawat komersil Ukraine International Airlines yang jatuh ditembak militer Iran awal bulan ini ke Ukraina.

Hal itu dikabarkan kantor berita Iran, Tasnim akhir pekan ini. Namun tidak disebutkan kapan kotak hitam itu dikirimkan ke Ukraina.

Kabar yang sama menyebut bahwa para ahli dari Perancis, Kanada dan Amerika Serikat akan terlibat dalam pemeriksaan kotak hitam tersebut di Ukraina.

Direktur yang bertanggung jawab atas investigasi kecelakaan di Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Hassan Rezaifar, mengatakan bahwa tujuan dikirimnya kotak hitam ke Ukraina itu adalah untuk membaca informasi tentang perekam tersebut dengan menggunakan keahlian dari negara-negara Perancis, Kanada dan Amerika Serikat.

“Jika upaya ini tidak berhasil maka kotak hitam akan dikirim ke Perancis,” ujarnya, seperti dimuat ulang Reuters.

Dia menambahkan bahwa kotak hitam dikirim ke Kiev atas permintaan ahli Ukraina di Iran. Dia juga memastikan bahwa kotak hitam itu tidak akan diperiksa di Iran .

Jatuhnya pesawat Ukraina pada 8 Januari lalu itu diketahui menyebabkan seluruh penumpang dan kru di dalam pesawat yang berjumlah 176 orang meninggal dunia.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here