Edwin Sugesti Nasution/RMOLSumut

Memasuki musim penghujan, Pemko Medan diminta melakukan langkah antisipasi terhadap banjir yang kerap menjadi langganan.

Permintaan itu sampaikan anggota Komisi IV DPRD Medan, Edwin Sugesti Nasution. Ia menyarankan Pemko Medan agar melakukan 4 langkah untuk antisipasi banjir.

Menurutnya, hal pertama yang perlu dilakukan Pemko Medan adalan mempercepat normalisasi drainase. Ia meminta agar pekerjaan normalisasi drainase tidak dilakukan diakhir tahun seperti yang selama ini terjadi.

“Segera mempercepat pengorekan drainase yang tersumbat dan terjadi pendangkalan,” ujarnya di Medan, Jumat (3/2/2020).

Melalui perangkat daerah yang berada ditingkat paling bawah, seperti kepala lingkungan, lurah dan camat, disebutkannya perlu menghimbau masyarakat agar kembali aktif melakukan gotong royong.

“Langkah kedua adalah sosialisasi waspada banjir dan menghimbau kepada warga unt bergotong royong pembersihan sampah di pekarangan rumah masing-masing,” jelasnya.

Normalisasi sungai dikatakan Edwin merupakan hal yang terpenting serta membersihkan sungai dari tumpukan sampah. Sungai sendiri merupakan kewenangan instansi vertikal yakni Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II. Oleh karenanya, perlu ada koordinasi antar instansi.

“Terakhir perluas ruang terbuka hijau untuk resapan air tanah,” beber Ketua Fraksi PAN DPRD Medan itu.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here