Sri Budi Novitawati. Foto: RMOLSumut

Untuk mendapat sambutan positif dari masyarakat, Calon Kepala Daerah (Kdh) perempuan harus memiliki 4 aspek. Hal itu disampaikan Owner Dzikraa Group, Hj Sri Budy Novitawaty menanggapi munculnya kandidat perempuan di beberapa daerah.

“Calon perempuan yang maju, harus punya 4 aspek. Yang pertama itu pendidikan, kedua kepemimpinan, ketiga pengalaman dan yang terakhir memiliki dasar agama yang baik,” ujarnya, Sabtu (18/1).

Menurutnya, dengan memiliki keempat aspek itu, akan memudahkan kandidat perempuan itu ketika memimpin nantinya

“Harus punya jiwa kepemimpinan mampu memanage lebih baik, karena dia akan berhadapan dengan banyak pihak dan berbagai program,” sebutnya.

Sektor pendidikan juga sangat berpengaruh bagi seorang kandidat perempuan. Sebab, dengan pendidikan yang tinggi, akan menghasilkan kerangka berpikir yang baik.

“Jadi itu kenapa perempuan dituntut untuk memiliki pendidikan, karena mustahil tanpa pendidikan untuk bisa memiliki kerangka berpikir yang baik,” ucapnya.

Selain itu, Udy melihat rekam jejak kandidat juga menjadi perhatian masyarakat. Hendaknya, kandidat perempuan yang maju juga harus memiliki rekam jejak yang bisa diuji masyarakat.

“Saya berharap perempuan yang tampil punya pengalaman yang cukup, bukan perempuan yang hanya sekedar tampil, jadi bisa dilihat dari rekam jejaknya. Tidak bisa perempuan yang tak punya langkah yang bisa kita uji, itu buat dia bingung dan gamang nantinya. Tidak bisa dia ciptakan program,” demikian Udy.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here