Ketua KPU Sumatera Utara, Yulhasni kembali mengingatkan bahwa hanya 2 jenis surat suara Pemilu 2019 yang dilengkapi dengan foto calon. Keduanya yakni surat suara untuk pemilihan calon presiden dan calon presiden serta surat suara untuk pemilihan calon anggota DPD RI.

“Sedangkan 3 jenis surat suara lainnya tidak mencantumkan foto masing-masing calon yakni jenis surat suara untuk calon DPR RI, DPRD Provinsi Sumatera Utara dan surat suara untuk calon DPRD Kabupaten/kota se-Sumatera Utara,” katanya, Senin (25/3/2019).

Yulhasni menjelaskan surat suara yang akan diterima oleh pemilih yang domisilinya sesuai dengan TPS tempatnya mencoblos ada 5 jenis surat suara. Masing-masing jenis surat suara memiliki warna berbeda yang sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos (template) bagi pemilih tunanetra pada Pemilu Tahun 2019

“Lima warna tersebut yakni warna kuning untuk DPR, biru untuk DPRD provinsi, hijau untuk DPRD kabupaten/Kota, merah untuk DPD, dan warna abu-abu untuk surat suara calon presiden-calon wakil presiden,” ujarnya.

Pihak KPU Sumatera Utara dan jajarannya menurut Yulhasni saat ini terus mensosialisasikan surat suara tersebut kepada para pemilih. Hal ini dilakukan agar para pemilih memahami seluruh jenis surat suara sehingga tidak kesulitan saat hari pencoblosan.

“Selain jajaran KPU hingga ke tingkat kelurahan, para relawan demokrasi dan duta pemilu yang ada ditengah masyarakat tetap kita maksimalkan perannya,” sebutnya.

Jajaran KPU menurut Yulhasni sangat berharap pada masa kampanye seluruh partai politik peserta pemilu juga mensosialisasikan hal yang sama kepada masing-masing konstituen mereka.

“Karena saat ini yang banyak baliho-baliho kan caleg dengan foto, padahal dalam surat suara caleg dari partai politik tidak ada foto. Supaya pemilih mereka tidak salah pengertian,” pungkasnya.[rgu]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here