KPU Sumut/RMOLSumut

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyelenggarakan acara Rapat Kerja Penyusunan Rencana Kerja Anggaran Tahun 2020 dan Evaluasi Pemilu 2019 untuk kesiapan pemilihan serentak tahun 2020. Rapat kerja ini diadakan di Hotel Grand Kanaya, 3-4 Desember 2019.

Pelaksanaan rapat kerja anggaran ini bertujuan agar KPU Kabupaten/Kota dapat menyusun dokumen RKA-KL yang menjadi pedoman dalam menyusun dan merancang program kerja tahun 2020. Sekaligus dapat menfasilitasi kesiapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak (pilkada) di 23 kabupaten/kota Sumatera Utara.

Sejumlah 165 orang awak KPU Kabupaten/Kota se-Sumut akan membahas isu-isu strategis terkait pelaksanaan Pilkada 2020. Isu tersebut ialah penyusunan rencana kerja dan anggaran tahun 2020, evaluasi kinerja KPU Kabupaten/Kota pada Pemilu 2019, dan pemantapan kesiapan Pilkada 2020 di 23 kabupaten/kota.

Dalam sambutannya, Herdensi, Ketua KPU Sumut mengatakan total anggaran pelaksanaan Pilkada 2020 berjumlah Rp 655.676.483.434 yang tersebar di 23 kabupaten/kota penyelenggara pilkada berdasarkan NPHD. Ia berharap seluruh penyelenggara tetap menjaga keterbukaan terhadap pengelolaan anggaran tersebut.

“Kami menitipkan pesan kepada kita semua agar tetap menjaga integritas, netralitas, dan independensi,” ujar Herdensi. Sebab tidak menjaga independensi dan integritas ibarat mengkhianati dan mencederai tradisi demokrasi yang sedang dibangun.

Rapat yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh seluruh pimpinan 33 KPU Daerah di Sumatera Utara, Ketua KPU Sumut Herdensi, Anggota KPU Sumut Yulhasni, Mulia Banurea, Syafrial Syah, Batara Manurung, Benget M Silitonga, dan Ira Wartati. Turut hadir Plt Sekretaris KPU Sumut Kartinawati Harahap beserta sekretariat KPU Sumut.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here