Ratusan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara melakukan Orasi dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional. Berkumpul di depan Gedung Biro Rektor USU Jumat sore (11/10/19).
Hari Tani Nasional diperingati Setiap tanggal 24 September. Ada sejarah penting dalam peringatan tersebut,yang merupakan bentuk peringatan dalam mengenang sejarah perjuangan kaum petani serta membebaskannya dari penderitaan. Oleh karena itu ditetapkan Hari Tani ini, yang diambil dari tanggal dikeluarkannya Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) pada tahun 1960.

Hendra Sahputra mahasiswa Pertanian selaku ketua acara memberikan keterangan mengapa memperingati hari tani nasional itu penting.

“Dengan adanya kegiatan ini kami mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang keadaan petani sekarang. Sebagai mengingatkan masyarakat luar juga mahasiswa/i luar bahwa keberadaan petani itu penting,” terangnya.

Kemudian hari tersebut menjadi tonggak sejarah bangsa dalam memandang arti penting petani dan hak kepemilikan atas tanah, serta keberlanjutan masa depan agraria di Indonesia.

“Jangan sampai undang-undang yang mengatur petani itu membuat petani menjadi tidak mau lagi jadi petani, ini juga menjadi pengingat kami mahasiswa/i Pertanian untuk terus menjadi petani,” tutupnya.

Dalam aksi orasi mereka membawa berbagai macam poster berisi tuntutan perihal kesejahteraan bagi kaum tani. Kemudian dibagian tubuh Mahasiswa ditulisankan “Hari Tani”.Sebagian ada yang membawa peralatan bertani,serta menggunakan topi caping petani. Berbagai nyanyian dan yel-yel bergema cukup riuh. Satu per satu perwakilan dari mereka komando menyampaikan orasi. Terik matahari sore hari yang cukup menyengat tak mampu melunturkan semangat mereka.
“Hidup petani!!” Hidup Mahasiswa!!teriak sang orator.

Momentum peringatan Hari Tani ini, para Mahasiswa/i Fakultas Pertanian telah melaksanakan Seminar tadi pagi, kemudian membagikan berbagai olahan hasil pertanian secara gratis dilanjutkan dengan orasi sore ini.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here