PDI Perjuangan ikut menyambut baik dua putra Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta (Solo) periode 2020-2025.

Politisi PDIP Masinton Pasaribu mengatakan, ini membuktikan kualitas kedua putra Jokowi itu oke punya.

“Buktinya banyak yang melirik,” ujar Masinton di sela-sela mengisi diskusi publik bertajuk “Utak-Atik Manuver Elit” di kawasan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7).

Jelas anggota Komisi III DPR ini, setiap warga negara berhak untuk dipilih atau memilih, sepanjang hak-haknya tidak dicabut. Begitupun dengan Gibran dan Kaesang, mereka mempunyai hak politik tersebut.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengaku sudah mengetahui hasil survei yang menempatkan dua putranya Gibran dan Kaesang masuk Calon Walikota Solo 2020. Jokowi mengatakan, sebagai orang tua akan mendukung jika kedua putranya memutuskan terjun ke dunia politik, seperti halnya dia mendukung anaknya yang selama ini terjun ke dunia bisnis.

“Orang tua bisanya hanya itu (mendukung). Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apapun (termasuk terjun ke dunia politik). Jualan pisang saya dukung, jualan martabak saya dukung,” kata Jokowi di Jakarta, Jumat kemarin (26/7).

Survei calon walikota Solo tersebut dilakukan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta. Survei menguji tiga kategori, yaitu popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas. Tinggat pengenalan Gibran sama dengan petahana Achmad Purnomo yang saat ini menjabat Wakil Walikota Surakarta yaitu 90 persen.

Di urutan ketiga adalah Kaesang dengan persentase popularitas 86 persen, dan di urutan keempat ada nama Teguh Prakosa yang merupakan Ketua DPRD Kota Surakarta dengan angka 49 persen. [***]

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here