Boby Harahap

Suka atau tidak suka, saat ini bangsa Indonesia dihadapkan dengan kebangkitan generasi Milenial. Generasi milenial atau generasi Z (kelahiran tahun 1995-2010) tumbuh subur mulai dari pelosok desa hingga pusat kota yang mempengaruhi setiap sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Generasi milenial merupakan kumpulan anak muda yang sangat memiliki semangat tinggi dalam kehidupannya. Walau kita tidak bisa menutup mata karena banyak juga yang ‘meleset’ disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kemiskinan, pendidikan dan pola pikir yang salah berakibat kepada pergaulan yang tidak benar.

Tantangan generasi milenial sekarang antara lain infiltrasi dan penetrasi budaya sekular yang menjajah mentalitas manusia, seperti the globalization life style serta suburnya budaya ‘lucah’ yang menonjolkan keindahan sebatas yang dilihat, didengar, dirasa, disentuh, sensual, erotic, seronok atau sikap hedonis, kadang-kadang ganas (anarkis), dengan kebiasaan menenggak miras, pergaulan bebas, dan kecanduan mandat serta narkoba. Hal tersebut terjadi karena mengabaikan batasan-batasan perilaku luhur yang telah menjadi kesadaran kolektif di dalam pergaulan masyarakat berupa seperangkat aturan dalam menata kehidupan bersama.

Upaya merawat Indonesia dan menjaga keberagaman adalah dengan mengamalkan nilai-nilai pancasila. Generasi milenial harus bisa mengamalkan nilai-nilai pancasila yang tiap sila di dalamnya adalah dengan menyelami ragam intisari kehidupan di Indonesia.

Ya, pancasila memang digali dari nilai-nilai khas Indonesia yang tidak hanya sesuai dengan kondisi bangsa, tapi juga mewakili semangat dan cita-cita kebangsaan. Pancasila hadir sebagai jalan tengah dari semua tawaran ideologi yang muncul.

Terbukti sampai sekarang pancasila masih kokoh berdiri menyatukan ragam perbedaan. Di tengah berbagai gelombang zaman, Pancasila terus memperlihatkan kesaktiannya menjaga NKRI dari berbagai upaya perpecahan.

Mengingat pancasila adalah ideologi bangsa dan negara, maka sangat perlu dirawat bersama. Nah, sangat ditunggu peranan generasi milenial untuk terus menjaga pancasila. Generasi milenial inilah yang diharapkan menjadi jawaban dan sanggup menghadirkan senyum cerah para pendiri bangsa.

Generasi Milenial memikul tanggungjawab kebangsaan untuk terus merawat Indonesia,merawat ke-Bhinekaan menjaga keberagaman serta mengawal Pancasila demi melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa.

Milenial Sumatera Utara untuk Indonesia
Menjaga persatuan, merawat ke-Bhinekaan untuk Indonesia

Boby Harahap
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Mahasiswa Peduli Sumatera Utara (DPP AMPSU)

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here