Munas JMSI I

Musyawarah Nasional I Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) akan resmi digelar secara virtual pada hari ini, Senin (29/6). Sebelum Munas JMSI resmi dibuka, sejumlah rangkaian acara telah digelar secara virtual. Mulai dari diskusi virtual yang digelar pada 16, 18, dan 20 Juni. Diskusi itu masing-masing menghadirkan Dutabesar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat China, Republik Korea, dan Republik Vietnam sebagai narasumber.

Pada 25 Juni, panitia Munas JMSI turut menggelar diskusi yang mengadirkan Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ilham Bintang dan pendiri Jagaters, Joko Intarto. Mereka membahas mengenai tantangan media siber di era pandemik Covid-19. Tidak cukup sampai di situ, pada Minggu kemarin (28/6), panitia Munas JMSI juga menggelar Lomba Pembacaan Puisi yang digelar virtual melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings.

Tidak hanya meriah, acara yang diikuti puluhan peserta ini juga memecahkan rekor MURI yang piagamnya disampaikan langsung oleh pendiri MURI Jaya Suprana.

Tepat pada hari ini, JMSI yang dideklarasikan pada 8 Februari 2020 saat penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan akan resmi menggelar munas pertama. Sedianya, munas akan digelar di Pekanbaru, Riau. Namun karena pandemik Covid-19 belum berakhir, munas yang diikuti 24 pimpinan provinsi itu akhirnya digelar secara virtual.

Adapun rundown Munas I JMSI bertajuk “JMSI Menegakkan Marwah dan Martabat Media Online Indonesia“ mulai dibuka pada pukul 09.00. Namun demikian hingga berita ini diturunkan, panitia masih meregistrasi para peserta Munas. Sesuai agenda, pada pembukaan acara akan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian disusul menyanyikan Mars JMSI, doa, sambuta panitia, sambutan DPP JMSI, dan sambutan Gubernur Riau.

Setelah itu, pada Munas akan ada sambutan dari Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh yang dalam ini akan diwakili oleh Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH. Bangun. Selanjutnya, Munas akan menghadirkan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate yang akan memberi sambutan sekaligus meresmikan langsung Munas I JMSI. Baca Juga ‘Anak Kecil Di Stasiun Kecil’ Dibacakan Rizal Ramli Jelang Munas JMSI Sajak Penyelenggara Pilih Kadal Setelah resmi dibuka, DPP JMSI akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban dan langsung menggelar pemilihan pimpinan sidang. Kemudian peserta Munas JMSI akan melakukan pembahasan dan pengesahan anggaran dasar dilanjut dengan pembahasan dan pengesahan program kerja. Terakhir, rundown acara hari ini akan ditutup dengan pemilihan ketua umum JMSI.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here