Gunawan Benjamin/RMOLSumut

Pengamat ekonomi, Gunawan Benjamin mengatakan pelemahan rupiah terhadap dollar yang kini menembus angka Rp 16 ribu per dollar Amerika Serikat sangat mengkhawatirkan. Meski dalam perkiraannya rupiah mampu menahan pelemahan pada kisaran Rp 17 ribuan, namun hal ini menurutnya harus segera diantisipasi oleh pemerintah.

“Ditengah tekanan ekonomi global belakangan ini. Sulit bagi kita untuk menarik investasi atau melakukan intervensi atau menyesuaikan kebijakan moneter dalam menghadapi tekanan rupiah,” katanya, Kamis (19/3).

Gunawan menjelaskan, meski pelemahan terhadap rupiah tersebut mencapai angka yang pernah terjadi pada tahun 1997/1998, namun hingga saat ini hal tersebut belum dapat disimpulkan akan memicu krisis ekonomi. Hal ini karena tekanan ekonomi belakangan ini tidak hanya di Indonesia, melainkan berlangsung secara global sebagai imbas dari virus Corona.

“Corona mengganggu aktifitas ekonomi global, termasuk Indonesia. Ekonomi makro kita kian terpuruk,” ujarnya.

Diketahui, pelemahan Rupiah terhadap Dollar Amerika terus terjadi dalam beberapa hari terakhir. Saat ini rupiah diperdagangkan dikisaran harga 15.800 hingga 16.050 per us dolarnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here