Foto/Ist

Sebanyak 110 mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Prodi IAP FISIP UMSU) melakukan asesmen dan pengamatan kegiatan perencanaan pembangunan daerah di beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) mahasiswa angkatan 2016 yang berlangsung di beberapa instansi.

“PPL ini berlangsung Desember 2019 dan merupakan bagian dari kegiatan perkuliahan. Tujuannya agar mahasiswa bisa secara aplikatif melihat proses perencanaan pembangunan daerah dan pembuatan kebijakan daerah langsung di lapangan,” ujar Ketua Prodi IAP, Nalil Khairiah, S.IP, M.Pd.

Kegiatan diikuti seluruh mahasiswa IAP FISIP UMSU angkatan 2016 berjumlah 110 orang dan terbagi dalam 22 kelompok. Lokasi kegiatan PPL tersebar di beberapa kabupaten/kota Sumatera Utara, yaitu Kota Binjai, Kabupaten Asahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Deli Serdang, dan Kota Medan.

Menurut Nalil, PPL dilakukan untuk menambah pengetahuan mahasiswa dengan cara memperoleh pengalaman praktis secara langsung di lapangan, menyesuaikan antara ilmu yang diperoleh selama menjalani perkuliahan dengan parktiknya di lapangan, memperoleh pengetahun yang luas tentang penerapan Ilmu Administrasi Publik, dan mengembangkan sikap kemandirian mahasiswa.

“Ini juga bagian dari Kurikulum Perguruan Tinggi Berstandar Nasional yang kompetensi lulusannya sesuai dengan standar nasional,” jelasnya.

Sekretaris Prodi IAP, Ananda Mahardika, S.Sos, MSP menambahkan, kegiatan PPL dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu tahap pengenalan lapangan, tahap pelaporan, dan tahap seminar hasil.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here