Ketua DPD Pemuda Tani Indonesia Sumatera Utara (PTI Sumut) Muhammad Fadly Abdina, MSi mengapresiasi rencana Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk memproduksi beras premium dengan harga yang murah.

Menurut Fadly, sudah selayaknya pemerintah memfasilitasi pembelian gabah petani agar memiliki posisi tawar harga yang baik. Oleh karenanya, dengan adanya rencana Dirut Bulog, Budi Waseso untuk membeli gabah petani, akan menghasilkam kualitas beras yang bail

“Dengan Bulog sebagai pihak yang mewakili pemerintah bertindak membeli gabah dan selanjutnya, gabah digiling menjadi beras murni tanpa ada campuran dari beras jenis lain sehingga akan menghasilkan kualitas beras yang baik/premium,” kata Fadly, Kamis (19/3/2020).

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, Bulog, kata Fadly hrus melaksanakan 2 program. Program pertama yakni, penyediaan kilang padi lengkap beserta fasilitas pengeringan dengan Kapasitas minimal 40 Ton/Hari, minimal 2 kilang pada masing-masing Desa sentra pangan.

“Kedua bekerjasama dengan pihak aparatur Desa atau BUMDES pada pembelian gabah di tingkat petani,” lanjutnya.

Dengan kedua program itu, ia meyakini akan sangat membantu. “Niatan baik pemerintah dalam hal ini Bulog dalam menyediakan beras yang memiliki kualitas yang baik,” jelasnya.

Untuk diketahui, pada Kamis, 12 Maret 2020, di Mataram, Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Budi Waseso, menyampaikan gabah kadi beras premium dengan harga lebih murah.

Budi Waseso mengatakan, “Bulog tidak ada lagi menyediakan beras medium. Karena medium itu yang berakibat kepada masalah kualitas yang dipermainkan, dicampur – campur. Maka pengalaman yang sudah ini, kita nanti memproduksinya beras premium,” ujarnya kala itu.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here