Wakil Ketua Kadin Kota Medan Putrama Alkhairi mengatakan apapun permasalahan yang terjadi dengan ekonomi dunia tentu akan berdampak ke Indonesia, meski dampaknya kecil.

“Setiap event dunia atau ada gejolak ekonomi dunia seperti perang dagang Amerika, China, Inggris keluar dari kelompoknya, masalah-masalah, imigran di Eropa. Semua itu pasti berefek, masalahnya besar kecil aja efeknya. Itu pasti ada berefek,” katanya kepada Kantor Berita RMOLSumut.

Putrama menuturkan, efek-efek itu semua akan mempengaruhi negara Indonesia. Lanjut Putrama, hanya tinggal kemampuan Indonesia menjadikan momentum ini untuk membangkitkan kemandirian bangsa.

Salah satu contoh dikatakan Putrama tentang persoalan impor yang kerap dihadapi Indonesia.

“Jadi semua sekarang kan impor. Semua sekarang dininabobokkan dengan impor. Karena dengan situasi kalau dunia ini bagus-bagus aja, maka kita ini semakin lama semakin hari akan lebih banyak impor nya,” ujarnya.

Putrama mengatakan persoalan lain adalah neraca perdagangan Indonesia juga lebih rendah daripada yang masuk.

“Karena kita ini kondisinya existing nya begitu. Garam lebih murah garam dari luar negeri kalau dari pasar bebas, murah beras dari luar daripada kita, semua,” ujarnya.

Menurut Putrama inilah fenomena Indonesia dan ini merupakan fakta serta tidak ada yang bisa membantah.

“Ini disebabkan faktor kemampuan eksekusi, kemampuan untuk intervensi, kemampuan untuk mengelola kalaupun ada konflik. Kalau tekanannya ada dua, masyarakat seperti kita. Maunya murah, kalaupun ada beda 1000 atau 500 pasti kita berpindah,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here