Anggota MPR RI Sofyan Tan/Ist

Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai garda terdepan pelayanan masyarakat didorong untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Hal ini dikatakan Anggota MPR RI dr Sofyan Tan ketika membuka sosialisasi Empat Pilar yang digelar di aula kantor Camat Medan Johor, Sabtu (27/6/2020).

Sosialisasi Empat Pilar tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, serta Ketetapan MPR, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika diikuti Kepala Lingkungan dan ASN di wilayah Kecamatan Medan Johor dan menghadirkan Sarma Hutajulu, SH sebagai narasumber.

“Sebagai Aparatur yang digaji oleh negara dengan anggaran yang cukup besar, masak kita tidak loyal dan tegak lurus kepada Republik Indonesia yang ideologinya Pancasila,” ujar Sofyan Tan.

Disebutkannya, untuk menilai apakah ASN mengamalkan nilai-nilai Pancasila, dapat diuji pada saat pandemi Covid-19 ini, terutama dalam penyaluran bantuan.

“Di Medan Johor ini, pengamalan nilai-nilai Pancasila saya dilihat pada saat pembagian bantuan dari masyarakat Tionghoa Sumut (Mitsu) yang berjalan tertib,” sebut Sofyan.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, tertibnya pembagian ini menunjukkan bahwa aparatur pemerintahan mulai dibawah komando camat mampu mengamalkan sila pertama hingga keempat.

“Yang pada akhirnya mewujudkan sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, yang jika diperkecil lingkupnya menjadi di lingkungannya masing-masing,” katanya.

Sofyan yang saat ini duduk di Komisi X DPR RI menjelaskan, jika amalan ini tetap dipegang erat, maka pada saat menghadapi permasalahan yang lain, akan mampu menyelesaikan dengan modal butir-butir yang diturunkan Pancasila.

“Tentunya semua berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 yang disusun berdasarkan Pancasila,” jelasnya.

Sementara itu, Sarma Hutajulu mengatakan, sosialisasi Empat Pilar merupakan tanggung jawab dan tugas seluruh masyarakat Indonesia sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing.

“Jadi kalau bapak/ibu Kepling, tugasnya adalah memastikan Empat Pilar ini sudah kita ambil dalam program-program pembangunan yang kita usulkan kepada pemerintah,” kata Sarma.

Sarma memastikan, Pancasila sebagai bagian dari empat pilar merupakan satu-satunya dasar dan ideologi negara.

“Ini sudah final, tidak ada lagi perdebatan soal ini,” tegasnya.

Sebelumnya, Camat Medan Johor Zulfakhri Ahmadi menyampaikan, saat ini ada 158 ribu jiwa penduduk Kota Medan yang bermukim di Kecamatan Medan Johor.

“122 ribu diantaranya terdaftar sebagai pemilih,” ungkapnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here