Ilustrasi/Net

Kinerja IHSG pada perdagangan hari ini kembali mengalami pelemahan. IHSG kembali melemah seiring belum adanya sentiment positif dipasar keuangan. IHSG dibuka turun di level 4.916,67. Sementara itu, mata uang rupiah diperdagangkan melemah dikisaran 14.200 per US Dolar, Selasa (23/6). Pelaku psar kembali dilanda rasa cemas setelah muncul ancaman resesi yang lebih nyata belakangan ini.

Dimana ekspektasi pertumbuhan ekonomi dikuartal kedua yang kerap direvisi lebih buruk, membuat pelaku pasar kuatir akan kemampuan ekonomi Indonesia untuk tidak merealisasikan angka negatif pada kuartal ketiga. Ditambah lagi dengan kinerja pasar keuangan yang tengah dihantui oleh peningkatan jumlah pasien corona, yang lagi-lagi membuat pasar kembali harus memperhitungkan resiko kemungkinan memburuknya kinerja perekonomian di masa yang akan datang.

Meski demikian, secara teknikal IHSG akan masih akan berkonsolidasi dikisaran 4.900 sebagai level support bagi IHSG untuk bertahan di atas 4.900. Namun, jika selama sesi perdagangan kondisi pasar keuangan di Asia memburuk maka potensi pelemahan IHSG tetap terbuka pada hari ini. Ini yang perlu diwaspadai.

“Saya yakin, pelaku pasar akan lebih berhati-hati lagi dalam melakukan transaksi pada perdagangan hari ini. Dikarenakan masih banyak faktor yang bisa memicu tekanan di pasar keuangan nantinya,” kata pengamat ekonomi, Gunawan Benjamin.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here