Fakultas Teknis UISU sukses menggelar pelaksanaan Webinar Nasional Pekan Ilmiah 2020 kemarin (13-14 Juli 2020). Ketua Panitia Pelaksana Muhammad Husni Malik Hasibuan,ST,MT kepada wartawan kemarin mengatakan pelaksanaan Pekan Ilmiah Teknik 2020 kali ini menjadi berbeda karena dilaksanakan secara daring.

Dijelaskannya, Pekan Ilmiah Teknik ini merupakan agenda tahunan Fakultas Teknik UISU dalam rangka melakukan kajian keilmuan yang disampaikan para pakar dari berbagai perguruan tinggi dan daerah. Moment ini, pelaksanaan Pekan Ilmiah Teknik mengambil tema Tantangan Insinyur Indonesia dalam menghadapi teknologi society 5.0.

Sesuai tema diatas, Muhammad Husni Malik Hasibuan,ST,MT menjelaskan paparan yang disampaikan narasumber terkait dengan tema di atas. Adapun para pemateri yakni Sekjen Himpunan Ahli Teknik Tanah dan Pengurus LPJK Nasional, Dr. Ir. Pintor Tua simatupang, MT. Selain itu juga I turut menjadi pemateri r. D. Edison W Sinaga dari PT. Hutama Marga Waskita, Dr. Ir Muhammad Sabri, MT yang merupakan Ketua PII Cabang Medan.

Selain itu juga, turut menjadi pembicara Ketua LPPOM MUI Medan, Prof. Dr. Ir. Basyaruddin MS, Peneliti PPKS Dr. Muhammad Ansori Nasution dan Ketua Umum A2K4, Ir. Lazuardi Nurdin, CSP. “Alhamdulillah peserta yang mengikuti hamper mencapai 300 orang dari berbagai daerah seperti Kota Medan, Padang, Palembang, Jakarta timur, Jakarta barat, Yogyakarta, Manado, Makasar, Bau Bau Sulawesi Tengah dan provinsi lainnya,”kata Husni.

Bagi Fakultas Teknik UISU, Muhammad Husni Malik Hasibuan,ST,MT berpendapat bahwa Pekan Ilmiah Teknik 2020 ini merupakan momen penting untuk menambah pemahaman dan pengetahuan terhadap ilmu keteknikan kaitannya dengan society 5.0. “Apalagi yang mengikuti pelaksanaan Pekan Ilmiah ini tidak hanya berasal dari kalangan akademisi, tetapi juga praktisi dan para pemangku kepentingan,”katanya. Salah satu yang mennjadi perhatian, pihaknya kini sedang merancang untuk melakukan kerjasama dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) terkait produksi bio diesel. “Kita akan menggagas kerjasama dengan PPKS,”tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Muhammad Husni Malik Hasibuan,ST,MT juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi, khususnya narasumber yang bersedia menjadi pemateri dalam kegiatan Pekan Ilmiah Teknik 2020. Pihaknya berharap kegiatan itu dapat memberikan manfaat untuk kajian keilmuan bagi dosen, mahasiswa dan para pemangku kepentingan di bidang keteknikan.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here