TPL Pertemukan Menteri Koperasi dan UKM Dengan Petani Binaan

TPL Pertemukan Menteri Koperasi dan UKM Dengan Petani Binaan

Pemanfaatan teknologi digital akan mendorong kemajuan usaha. Karena itu, selain masalah permodalan, pengetahuan para pelaku usaha seperti UMKM dalam pemanfaatan teknologi juga menjadi hal yang sangat diperlukan. Bentuk dukungan terhadap para pelaku UMKM ini dilakukan oleh PT Toba Pulp Lestari Tbk mengadakan Web Seminar (Webinar) “Aku Cinta Produk Indonesia: Kopi Toba dan Andaliman”. Kegiatan ini dilakukan pada 8 – 9 September 2020 di Guest House PT Toba Pulp Lestari Tbk dengan menghadirkan 28 orang petani kopi dan andaliman binaan PT Toba Pulp Lestari dan juga dari Pihak PT Toba Pulp Lestari yaitu Jandres Silalahi selaku Direktur, Ramida Siringoringo Manager Community Development, Norma Hutajulu Manager Corporate Communication dan beberapa staff lainnya. Webinar ini dihadiri secara daring oleh Mentri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Bapak Teten Masduki, Dr. Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir selaku motivator dan pemerhati UMKM Indonesia, serta mengadirkan narasumber dari bidang kesehatan yaitu, dr. Marulam Panggabean, SpPD-KKV,Sp.JP (Dokter Spesialis Penyakit Dalam), dr. Endah Citraresmi, Sp.K (A) (Dokter Spesialis Anak) untuk membahas mengenai bagaimana cara menghadapi dan melindungi diri dari virus Corona. Webinar yang berlangsung selama dua hari ini dimoderatori oleh Dr. Amanda Katili sebagai Manager The Climate Reality Project Indonesia. Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Teten Masduki mengatakan saat ini pemerintah terus memberikan dukungan, dorongan, dan motivasi kepada para pelaku UMKM dalam mempertahankan produk yang dihasilkan. Dirinya yakin situasi pademi covid-19 yang mempengaruhi nilai pasar eknomi di Indonesia, mampu dilalui para pelaku UMKM dengan bekerja keras bersama, dan saling mendukung. "Selain untuk menghidupi keluarga dan kebutuhan sehari-hari, kita juga harus bisa lebih giat lagi meningkatkan usaha dan hasil produk, yang kita miliki agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga," katanya sambil memaparkan sejumlah program Kementerian Koperasi dan UMKM kepada para petani di Porsea. Menurut Teten Masduki setiap pelaku UMKM diharapkan dapat beradaptasi, dengan dunia digital dimasa sekarang ini sehingga dapat mengembangkan usaha melalui digital marketing. Janter Butarbutar selaku Petani Kopi binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk yang berasal dari Desa Tangga Batu 2, Kec. Parmaksian mengatakan bahwa dirinya merasa terbantu dengan informasi yang diperoleh selama mengikuti webinar. “Saya berharap untuk kedepannya saya dapat mengembangkan produk saya dan juga memasarkannya secara lebih luas lagi,” ujar Janter.[R]


Pemanfaatan teknologi digital akan mendorong kemajuan usaha. Karena itu, selain masalah permodalan, pengetahuan para pelaku usaha seperti UMKM dalam pemanfaatan teknologi juga menjadi hal yang sangat diperlukan.

Bentuk dukungan terhadap para pelaku UMKM ini dilakukan oleh PT Toba Pulp Lestari Tbk mengadakan Web Seminar (Webinar) “Aku Cinta Produk Indonesia: Kopi Toba dan Andaliman”. Kegiatan ini dilakukan pada 8 – 9 September 2020 di Guest House PT Toba Pulp Lestari Tbk dengan menghadirkan 28 orang petani kopi dan andaliman binaan PT Toba Pulp Lestari dan juga dari Pihak PT Toba Pulp Lestari yaitu Jandres Silalahi selaku Direktur, Ramida Siringoringo Manager Community Development, Norma Hutajulu Manager Corporate Communication dan beberapa staff lainnya.

Webinar ini dihadiri secara daring oleh Mentri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Bapak Teten Masduki, Dr. Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir selaku motivator dan pemerhati UMKM Indonesia, serta mengadirkan narasumber dari bidang kesehatan yaitu, dr. Marulam Panggabean, SpPD-KKV,Sp.JP (Dokter Spesialis Penyakit Dalam), dr. Endah Citraresmi, Sp.K (A) (Dokter Spesialis Anak) untuk membahas mengenai bagaimana cara menghadapi dan melindungi diri dari virus Corona. Webinar yang berlangsung selama dua hari ini dimoderatori oleh Dr. Amanda Katili sebagai Manager The Climate Reality Project Indonesia.

Menteri Koperasi dan UMKM Republik Indonesia Teten Masduki mengatakan saat ini pemerintah terus memberikan dukungan, dorongan, dan motivasi kepada para pelaku UMKM dalam mempertahankan produk yang dihasilkan.

Dirinya yakin situasi pademi covid-19 yang mempengaruhi nilai pasar eknomi di Indonesia, mampu dilalui para pelaku UMKM dengan bekerja keras bersama, dan saling mendukung.

"Selain untuk menghidupi keluarga dan kebutuhan sehari-hari, kita juga harus bisa lebih giat lagi meningkatkan usaha dan hasil produk, yang kita miliki agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga," katanya sambil memaparkan sejumlah program Kementerian Koperasi dan UMKM kepada para petani di Porsea.

Menurut Teten Masduki setiap pelaku UMKM diharapkan dapat beradaptasi, dengan dunia digital dimasa sekarang ini sehingga dapat mengembangkan usaha melalui digital marketing.

Janter Butarbutar selaku Petani Kopi binaan PT Toba Pulp Lestari Tbk yang berasal dari Desa Tangga Batu 2, Kec. Parmaksian mengatakan bahwa dirinya merasa terbantu dengan informasi yang diperoleh selama mengikuti webinar.

“Saya berharap untuk kedepannya saya dapat mengembangkan produk saya dan juga memasarkannya secara lebih luas lagi,” ujar Janter.