Foto/Ist

Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dan Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman SHi melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) di ruang kerja Rektor UISU Jalan SM Raja Medan, Rabu (30/1). Hadir saat penandatanganan MoU, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Tata Kelola, Zuprizar, SE, Ak, CA, MBA, MAFIS, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi, SS. MA, Ketua LEPPAI, Drs. Ahmad Adib Nasution, MM.

“Ruang lingkup kerjasama meliputi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang ada di lingkungan UISU, serta penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ada di lingkungan UISU dengan Dompet Dhuafa Waspada”, kata Yanhar.

Kemudian penandatangan kerjasama juga dilakukan antara Dompet Dhuafa Waspada beralamat Jl Kapten Muslim Komplek Kapten Muslim Business Point Blok E No 17 sebagai pihak pertama dengan LEPPAI UISU sebagai pihak kedua.

Kedua pihak sepakat kerjasama dalam penyaluran dan pengelolaan dana zakat, infak, sedekah, wakaf dan dana sosial lainnya dari para pegawai dan dosen UISU yang akan disalurkan melalui Dompet Dhuafa Waspada.

“Berdasarkan naskah kerjasama yang ditandatangani, lingkup kerjasama mencakup kegiatan dari kerjasama pengumpulan dan pengelolaan dana zakat, infak, sedekah, wakaf dan dana sosial lainnya dari pegawai dan karyawan dari institusi pihak kedua kepada pihak pertama yang merupakan bentuk kerjasama kemudahan dalam menunaikan kewajiban zakat, infak, sedekah dan dana sosial lainnya”, jelas Yanhar.

Seluruh donasi akan dikumpukkan melalui keuangan atau yang ditunjuk kemudian oleh pihak kedua yang kemudian akan disalurkan dan dikelola kepada pihak pertama sesuai waktu yang telah disepakati. Seluruh donasi ZIS yang dihimpun dari pihak kedua akan disalurkan sebagai beasiswa untuk mahasiswa miskin yang kuliah di institusi pihak kedua. Dan institusi pihak pertama bersedia dijadikan sebagai tempat magang dan KKN mahasiswa pihak kedua. Jangka kerjasama tersebut berlaku sejak tanggal 30 Januari 2020 sampai dengan 29 Januari 2023.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman SH pada kesempatan itu menyakinkan bahwa Dompet Dhuafa waspada selama ini telah menyalurkan dananya ke mahasiswa yang membutuhkan beasiswa, pelatihan guru-guru sehingga dapat mengajar dengan baik, dan juga cukup membantu bagi UMKM.

Pada kesempatan itu, Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP mengucapkan terimakasih atas gagasan kerjasama antara UISU dengan Dompet Dhuafa Waspada.

“Kerjasama tersebut dapat ditingkatkan sehingga memberi manfaat untuk kemajuan UISU dan Dompet Dhuafa pada masa mendatang”, harap Yanhar.

Rektor UISU juga mengaku tertarik tentang rencana Dompet Dhuafa Waspada pengadaan Rumah Sakit di Medan yang dapat dikerjasamakan dengan UISU.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here