Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dalam waktu dekat akan meluncurkan aplikasi e-learning yang dikenal dengan aplikasi Sistem Pembelajaran Online (Sijarno) untuk menyahuti kebutuhan proses pembelajaran di era pandemi covid19. Demikian disampaikan Rektor UISU, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP saat menjadi narasumber Webinar Strategi Pembelajaran di UISU masa Pandemi Covid19 kemarin (3/7).

Rektor UISU saat menjadi pembicara dalam kegiatan yang dilaksanakan Fakultas Kedokteran UISU itu mengatakan bahwa kehadiran virus corona merubah pola kehidupan manusia. Perubahan itu tejadi hampir disemua sektor, mulai dari sektor kesehatan, ekonomi, pendidikan, keagamaan, pangan dan sektor lainnya.

Oleh sebab itu, katanya, UISU telah melakukan berbagai percepatan dalam rangka mengadaptasi perubahan pola pembelajaran dengan menyiapkan Aplikasi Sistem Pembelajaran Online atau Sijarno. “Sebenarnya sudah kita siapkan sebelum pandemi, namun kita lakukan percepatan mengingat munculnya pandemic covid19 dipertengahan semester genap yang sedang berjalan ini. Insya Allah Semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021 sudah kita berlakukan,”jelasnya.

Dikatakannya, bahwa di era pandemi saat ini maka sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) merupakan sebuah keharusan untuk memastikan proses pembelajaran tetap berjalan. Keberadaan aplikasi Sijarno di UISU akan meminimalisir persoalan yang selama ini menjadi keluhan mahasiswa. Mulai dari persoalan jaringan dan biaya kuota yang besar dapat diminimalisir. “Jadi mahasiswa hanya perlu mengakses web uisu.ac.id dan portal akademik untuk mendapatkan materi perkuliahn e-learning melalui aplikasi Sijarno,”ujarnya.

Selama ini, diakuinya bahwa penggunakan aplikasi zoom, google meeting dan aplikasi lainnya sering dikeluhkan mahasiswa karena persoalan biaya jaringan internet dan beragamnya kondisi kekuatan jaringan internet di berbagai daerah. Dengan adanya Aplikasi Sijarno, nantinya akan dapat diakses mahasiswa melalui web www.uisu.ac.id. Jadi, seluruh model dan bahan pembelajaran harus sudah disiapkan dosen dan tersedia di aplikasi Sijarno. Dengan demikian mahasiswa bisa mengakses bahan dan modul perkuliahan sesuai dengan mata kuliah yang diikutinya pada semester berjalan.

Untuk itu, Dr. Yanhar menegaskan bahwa dosen dan staf pegawai harus mempersiapkan diri untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut. Namun, pihaknya mengakui bahwa untuk kuliah praktik di laboratorium mahasiswa memang tetap harus datang ke kampus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Kita akan lakukan penyesuaian terhadap kurikulum untuk mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa praktik dan datang ke kampus,”ujarnya. Rencananya dalam waktu dekat, pihaknya akan mensosialisasikan pemanfaatan aplikasi Sijarno ini secara berjenjang terhadap semua fakultas dan program studi yang ada dilingkungan UISU.

Menurut Rektor UISU itu, pada prinsipnya ada dua aspek penting yang harus benar-benar diperhatikan dalam strategi Perguruan Tinggi menghadapi masa pandemi Covid-19. Kedua aspek itu, yakni penguatan sistem informasi dan teknologi serta penguatan Sumber Daya Manusia. “Strategi penguatan informasi dan teknologi menjadi urgen karena masalah sekarang ini adalah masalah teknologi informasi. Strategi ke arah itu harus kita kuatkan melalui strategi digital yang kuat,” ujarnya. Tak kalah pentingnya adalah penguatan Sumber Daya Manusia (SDM). “Karena semua kuncinya ada di kita manusianya. Infrastruktur dan lainnya hanyalah pendukung,” tutupnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here