IHSG/Net

Indeks harga saham gabungan atau IHSG mengalami penguatan pada sesi pembukaan perdagangan pagi ini, Selasa (19/5). Kabar terkini yang membuat pasar bergairah adalah hasil uji klinis vaksin yang dihasilkan oleh perusahaan Moderna asal AS. Sejauh ini, vaksin tersebut diharapkan mampu memberikan jalan keluar terhadap masalah penyebaran virus corona yang telah memberikan pukulan signifikan bagi ekonomi global. Dan sejauh ini dari pemberitaan yang masuk, 8 dari 10 orang yang diuji coba mampu menghasilkan imun yang menangkal virus.

Meski demikian, vaksin tersebut harus di uji kembali pada bulan juli. Jadi harapan investor selanjutnya terletak pada hasil uji coba itu nantinya. Dan dalam jangka pendek, sentiment ini memberikan pengaruh positif bagi pelaku pasar. Dan akan menjadi salah satu sentimen yang meredam tingginya tensi perang dagang, memanasnya masalah geo politik di laut china selatan, terpuruknya pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua hingga ancaman perang dan potensi harga minyak mentah dunia diperdagangkan minus.

IHSG pada pagi ini dibuka naik di level 4.547,18 dan sejauh ini mengalami kenaikan dikisaran level 4.592. IHSG tengah mencoba menembus level psikologis 4.600. Disisi lain, kinerja mata uang Rupiah diperdagangkan menguat dikisaran level 14.805 per US Dolar.

“Pelaku pasar tengah bereuforia sejenak seiring ada progress positif dari temuan vaksin,” kata pengamat ekonomi, Gunawan Benjamin.

Selama tidak ada perubahan yang mendasar dari temuan tersebut, dan uji klinis selanjutnya nanti berkahir. Maka pasar keuangan masih akan mampu bergerak dengan kecenderungan menguat dalam jangka pendek.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here