Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan ada nilai positif dengan terjaringnya Komisioner KPU Wahyu Setiawan alias WS dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK.

“Menurut saya kejadian ini bisa menjadi pintu masuk untuk membersihkan KPU pusat hingga ke KPUD yang di bawah dari korupsi. Jadi ada suatu nilai positif dengan kejadian ini,” katanya kepada Kantor Berita RMOLSumut, Kamis (9/1).

Emrus menjelaskan kasus ini dapat dilihat menggunakan Teori Gunung Es atau Iceberg. Dimana terjaringnya WS merupakan bagian es yang berada di permukaan alias telah terungkap.

Terkait dengan bagian yang tidak terlihat atau belum terungkap, Emrus mengatakan bisa saja ada anggota maupun pejabat lain yang juga telah melakukan tindak pidana korupsi.

“Saya tidak mengatakan kemungkinan komisioner yang lain melakukan, tetapi bisa saja itu dilakukan oleh pejabat-pejabat yang dibawah komisioner,” ujarnya.

Emrus menambahkan tertangkapnya WS akan berimbas buruk pada komisioner KPU lain saat ini, terutama dari sisi kredibilitas.

“Saya berpendapat bahwa peristiwa ini menurunkan kredibilitas teman-teman komisioner yang ada disana (pusat). Karena mereka justru pernah membuat peraturan calon kepala daerah yang pernah terlibat korupsi boleh mencalonkan diri,” pungkasnya.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here