Ilustrasi/Net

  Dampak virus corona juga menerjang bisnis hotel. Sejumlah hotel dikabarkan tutup karena tidak ada pengunjung. Sebagian lagi tengah berusaha sekat tenaga bertahan dari ancaman. Sejak isu corona mulai memasuki Indonesia, hotel-hotel mulai merasakan imbasnya. Namun, dampak itu kian menghantam di saat ini.

Pada Kamis (2/4) lalu, ratusan hotel dikonfirmasi telah tutup sementara. Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Rainier H Daulay menyampaikan dampak wabah Covid-19 membuat bisnis ini terancam.

“Sementara sampai hari ini di Bali 56 hotel yang hotel besar. Seluruh Indonesia per hari ini yang menutup sudah 826 hotel. Namanya ya karena dampak corona ini, setiap hari juga bertambah,” ungkapnya.

Hotel-hotel di Jakarta yang paling parah terkena imbas. Sebagai zona merah, kunjungan ke hotel menurun drastis. Sementara, di Bali masih ada beberapa hotel yang mencoba bertahan.

Hotel-hotel yang sedang berjuang mempertahankan diri dari dampak wabah ini mencoba menawarkan beragam promo menarik. Bali memiliki banyak sekali hotel, mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Rata-rata hotel itu memberikan penawaran terbaiknya sebagai upaya menyelamatkan bisnis hotelnya.

Menyusuri laman situs hotel-hotel seperti Nusa Dua Beach Hotel, Lv8 Resort Hotel Canggu, Ayana Resort, dan beberapa lainnya, masing-masing menawarkan promo istimewa, bukan lagi harga harian, melainkan harga paket untuk minggu dan bulanan.

Agaknya pebisnis hotel ingin ‘mengikat’ pelanggannya di saat masa libur panjang dengan menikmati layanan mereka. Seperti Ayana Hotel, misalnya. Hotel bintang lima ini menawarkan dua jenis waktu menginap, yakni 14 hari dan 30 hari. Untuk masa sewa 14 hari, Ayana mematok harga USD 1.500 atau hanya Rp 24,9 juta (kurs 16.644).

Padahal normalnya, harga sewa per kamar Ayana Bali menurut pencantuman harga kamar di sejumlah online travel berkisar minimal Rp 3,5 juta sehari. Sementara jika menginap 30 hari, hotel ini memasang harga Rp 41 juta. Nusa Dua Beach Hotel juga memberkan diskon 30 persen selama bulan April.

Sementara hotel Lv8 Resort Canggu menawarkan harga yang super aduhai. Dilihat dari Instagram Story-nya, pihak hotel menyediakan paket menginap dengan harga mulai Rp 8 juta per bulan.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here