Tokopedia semakin menegaskan komitmennya untuk menjadi platform pendukung perkembangan layanan pembelian dan transaksi di Sumatera Utara.
Komitmen ini mereka lakukan dengan terus memacu transaksi online.
“Kami melihat pertumbuhan transaksi online yang positif di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatra Utara, termasuk Medan dan sekitarnya. Nias Selatan, Gunungsitoli, Toba Samosir, Padang Lawas dan Deli Serdang menjadi sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi di Sumatra Utara lewat Tokopedia pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April),” kata Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, di Medan, Kamis (22/6/2023).
Ekhel menjelaskan, sepanjang Januari hingga Mei 2023, Tokopedia melihat adanya peningkatan penggunaan layanan mereka dalam berbagai hal mulai dari pengiriman hingga transaksi pembayaran dan pembelian produk fisik.
“Pada kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022, E-Samsat, Penerimaan Negara (Pajak Online, Bea Cukai dan Surat Berharga Negara), serta Tiket Kereta Api menjadi sejumlah produk digital yang paling banyak dibeli masyarakat Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya. Transaksi E-Samsat di Sumatra Utara melalui Tokopedia di tahun 2022 bahkan naik sebesar hampir 5 kali lipat,” ujarnya.
Guna mengakomodasi tingginya animo belanja online masyarakat, Tokopedia menghadirkan inisiatif Hyperlocal berteknologi geo-tagging. Inisiatif ini mendekatkan pembeli dan penjual di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih efisien.
“Hyperlocal Tokopedia membawa beragam dampak positif. Pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April), jumlah pembeli di Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya meningkat lebih dari 1,5 kali lipat. Medan, Gunungsitoli, Batu Bara, Pakpak Bharat dan Tanjung Binjai menjadi wilayah di Sumatra Utara dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli,” kata Ekhel.
Data yang disampaikannya, transaksi terbanyak masih didominasi urusan Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Fesyen serta Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Sumatra Utara, termasuk Medan dan sekitarnya, pada periode Januari hingga Mei 2023.
Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, kontribusi UMKM lokal terhadap PDB Indonesia meningkat setiap tahunnya, bahkan mencapai 60,3% pada tahun 2019. Pemerintah Indonesia di sisi lain menargetkan pertumbuhan wirausaha di Indonesia sebesar 4% pada tahun 2024.
“Sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan jumlah pelaku usaha di Indonesia, kini Tokopedia telah menjadi rumah bagi sekitar 14 juta penjual yang hampir 100% pegiat UMKM. Mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia,” kata Ekhel.
“Secara keseluruhan, Hyperlocal Tokopedia berserta sederet manifestasinya telah mendorong peningkatan jumlah penjual di Sumut termasuk Medan dan sekitarnya sebesar hampir 2,5 kali lipat pada Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April),” jelas Ekhel.
© Copyright 2024, All Rights Reserved