Tiga tersangka kasus pembunuhan hakim Pengadilan Negeri Medan, Jamaluddin, diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan, Selasa (10/3/2020).

Pelimpahan itu setelah Kejari Medan menyatakan berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) ketiga tersangka dinyatakan lengkap atau P21 pada 27 Februari 2019.

Saat pelimpahan itu, ketiga tersangka, yakni, istri korban Zuraida Hanum (41) yang juga pelaku utama dan dua orang eksekutor M. Jefri Pratama (42) dan M. Reza Fahlevi (29) juga hadir dalam pelimpahan itu.

Selain para tersangka, penyidik juga turut menyerahkan barang bukti bukti satu unit mobil Toyota Land Cruiser Prado nomor polisi BK 77 HD warna hitam, mobil Toyota Camry BK 78 ZH, dan sepeda motor Honda Vario BK 5898 AET.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Maringan Simanjuntak kepada wartawan mengatakan, BAP ini telah dilimpahkan ke penyidik pada 1 Februari 2020 dan dinyatakan lengkap oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan pada 27 Februari 2020.

“Sudah P21, rencana tersangka dan barang bukti akan kita kirim ke Jaksa minggu depan,” katanya.

Sebelumnya, Hakim PN Medan, Jamaluddin (55) ditemukan meninggal dunia di jurang areal kebun sawit milik masyarakat di Dusun II Namo Bintang Desa Suka Dame, Kecamatan Kutalimbaru, Deli Serdang, Jumat (29/11/2019).

Dalam kasus itu, petugas berhasil menangkap 3 orang pelaku yakni otak pelaku Zuraida Hanum (41) Istri korban yang bertindak sebagai otak pembunuhan. Kemudian, kedua eksekutor yakni M Jefri Pratama (42) dan M Reza Fahlevi (29).

Ketiganya pun dijerat dengan Pasal 340 KUHP mengenai pembunuhan berencana dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here